Pages - Menu

Minggu, 02 September 2012

SOUTHBRIDGE dan NORTHBRIDGE


Perbedaan Northbridge dan Southbridge

1. Northbridge
Northbridge mengatur Chace memori, Memori Utama, Host Bus dan Slot PCI ekspansi. Northbridge juga sebagai memory controller hub (KIA) atau memori controller terintegrasi (IMC) di sistem Intel (AMD, VIA, SiS ) salah satu dari dua chip pada chipset core logic pada motherboard PC, fungsinya adalah menangani komunikasi antara CPU, RAM, ROM BIOS, dan PCI Express (atau AGP) video card, dan Southbridge. Northbridge langsung dapat menghubungkan sinyal dari aku / unit O ke CPU untuk mengontrol data dan akses

2. Southbridge
Southbridge mengatur ISA Bus, dan menjembatani antara ISA Bus dan PCI Bus, mengatur dan mengontrol I/O port dan slot IDE. Southbridge adalah sebagai I / O controller hub (ICH) dalam sistem Intel (AMD, VIA, SiS ) southbridge biasanya dapat dibedakan dari Northbridge dengan tidak secara langsung terhubung ke CPU.
Southbridge adalah salah satu dari dua chip dalam inti logika chipset pada komputer pribadi (PC) motherboard , yang lainnya adalah Northbridge . Southbridge biasanya mengimplementasikan kemampuan lebih lambat dari motherboard dalam Northbridge / Southbridge chipset arsitektur komputer. Dalam sistem chipset Intel, Southbridge bernama Input / Output Controller Hub (ICH). AMD, dimulai dengan nya Fusion APUS, FCH telah memberikan label, atau Hub Fusion Controller, untuk southbridge-nya.




Tujuan
Sebuah chipset southbridge menangani semua fungsi komputer I / O, seperti USB, audio, serial, sistem BIOS, bus ISA, pengendali interupsi dan saluran IDE. Kombinasi yang berbeda dari Southbridge chip Northbridge yang mungkin, namun kedua jenis chip harus dirancang untuk bekerja sama , tidak ada standar industri-lebar untuk interoperabilitas antara desain chipset inti logika yang berbeda. Secara tradisional, antarmuka antara Northbridge dan Southbridge adalah bus PCI. Interface menjembatani utama yang digunakan sekarang adalah DMI ( Intel ) dan UMI ( AMD ).
Southbridge juga termasuk dukungan untuk Ethernet , RAID , USB , audio codec , dan FireWire. Mana dukungan disediakan untuk non-USB keyboard, mouse, dan serial port , mesin biasanya melakukannya melalui perangkat disebut sebagai saya Super / O ; masih lebih jarang, southbridge langsung dapat mendukung keyboard, mouse, dan port serial .


Fungsi :
  • Dukungan PCI bus termasuk spesifikasi PCI tradisional, tetapi juga termasuk dukungan untuk PCI-X dan PCI Express .
  • Meskipun dukungan ISA jarang digunakan, telah berhasil menarik tetap menjadi bagian yang terintegrasi dari southbridge modern. Jembatan LPC menyediakan jalur data dan kontrol ke Super I / O (lampiran normal untuk keyboard, mouse, port paralel, port serial, port inframerah , dan controller floppy) dan FWH ( firmware hub yang menyediakan akses ke BIOS Flash penyimpanan ).
  • Bus SPI adalah bus serial sederhana banyak digunakan untuk firmware (misalnya BIOS ) lampu kilat akses penyimpanan.
  • SMBus ini digunakan untuk berkomunikasi dengan perangkat lain di motherboard (misalnya sistem sensor suhu, pengendali kipas).
  • Kontroler DMA memungkinkan LPC ISA atau akses langsung ke perangkat memori utama tanpa perlu bantuan dari CPU.
  • Interrupt controller seperti 8259A dan / atau I / O APIC . The interrupt controller memberikan sebuah mekanisme untuk perangkat terpasang untuk mendapatkan perhatian dari CPU.
  • Penyimpanan massal controller seperti PATA dan / atau SATA . Hal ini biasanya memungkinkan lampiran langsung dari sistem hard drive .
  • Jam real time memberikan laporan waktu persisten.
  • APM atau ACPI fungsi memberikan metode dan signaling untuk mengizinkan komputer tidur atau menutup untuk menghemat daya.
  • Sistem CMOS , dibantu oleh tambahan daya baterai, membuat terbatas non-volatile tempat penyimpanan untuk data konfigurasi sistem.
  • AC'97 atau Intel High Definition Audio suara antarmuka.
  • Out-of-band manajemen kontroler seperti BMC atau HECI .





NORTHBRIDGE

Suatu northbridge secara umum bisa dikatakan lebih mempengaruhi kinerja mainboard dibandingkan dengan southbridge.

Tujuan northbridge ini bisa dibilang menangani prosesor, memori utama, kartu grafis, dan bahkan southbridge. Karena fungsinya yang menghubungkan beberapa komponen di atas itulah, northbridge sangat mempengaruhi kinerja dari sistem. Prosesor-prosesor terbaru cukup sering memerlukan northbridge yang baru juga agar dapat bekerja dengan baik. Baru-baru ini dual kanal memori utama menjadi tren. Kemampuan untuk mendukung dual kanal memori utama ini jelas ditentukan oleh northbridge yang digunakan. Selain masalah dual kanal, masalah mengenai frekuensi kerja dan timing dari memori utama juga dipengaruhi oleh northbridge ini. Wajar saja karena controller memori tentunya berada pada northbridge tersebut. Untuk prosesor, northbridge ini jelas mempengaruhi FSB (Front Side Bus) yang didukung dan fitur yang didukung (misalnya Hyper-Threading), di samping hal-hal lain tentunya. Jenis memori utama dan prosesor yang didukung juga ditentukan oleh northbridge ini. Hal yang sama juga berlaku untuk kartu grafis. Kartu grafis masa kini bisa dikatakan hampir semuanya menggunakan interface AGP. Dukungan akan versi AGP yang digunakan jelas diberikan oleh northbridge. Sebelum adanya AGP, kartu grafis menggunakan interface PCI dan tidak dihubungkan secara langsung dengan northbridge.

Fungi Northbridge:
  • Fungsi Northbridge adalah menjembatani arus data di sekitar main Memory, Prosesor, Front Side Busdan AGP Bus juga mengatur kerja power management.

1 komentar: